Gambaran Umum Komputer dan Logika
Hanya Cukup Pemrograman
Logika dan Desain
JOYCE Farrell
Semester II 2011/2012
Elins FMIPA UGM JIKE
Algoritme Dan Struktur Data 1
Yohanes Suyanto
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaTujuan
Setelah menyelesaikan bab ini Anda akan dapat:
Jelaskan komponen komputer dan operasi
Diskusikan langkah yang terlibat dalam proses pemrograman
Gunakan pernyataan pseudocode dan simbol flowchart
Gunakan nama dan variabel dan konstanta
Jelaskan tipe data dan mendeklarasikan variabel
Mengakhiri program dengan menggunakan nilai-nilai sentinel
Diskusikan evolusi teknik pemrograman
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi
Perangkat keras
Peralatan, atau perangkat, berhubungan dengan komputer
Perangkat lunak
Komputer instruksi: memberitahu perangkat keras apa yang harus dilakukan
Program: set instruksi yang ditulis oleh programmer
Masukan
Perangkat keras yang melakukan operasi input
Termasuk keyboard dan mouse
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Pengolahan
Pengolahan data item mungkin melibatkan mengorganisir mereka,
memeriksa mereka untuk akurasi, atau melakukan matematika
operasi pada mereka
Perangkat keras yang melakukan tugas-tugas ini adalah pusat
pengolahan unit, atau CPU
Keluaran
Mengirim informasi yang dihasilkan dari pengolahan ke
printer atau monitor sehingga orang dapat melihat, menafsirkan, dan menggunakan
hasil
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Instruksi komputer ditulis dalam komputer
bahasa pemrograman
Setiap bahasa pemrograman menggunakan software untuk
menerjemahkan pernyataan bahasa pemrograman tertentu
ke dalam komputer on / off bahasa sirkuit, atau mesin
bahasa
Bahasa mesin yang direpresentasikan sebagai serangkaian 0s dan 1s,
disebut juga bentuk biner
Perangkat lunak terjemahan bahasa disebut kompilator atau
penerjemah
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Ketika instruksi sebuah program yang dilakukan,
Program mengeksekusi
Sebuah program yang bebas dari kesalahan sintaks dapat dieksekusi,
tapi mungkin tidak menghasilkan hasil yang benar
Untuk program untuk bekerja, programmer harus memberikan
instruksi kepada komputer dalam urutan tertentu disebut
logika program komputer
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Kesalahan logika termasuk instruksi di luar urutan, hilang
instruksi dan petunjuk, bukan bagian dari prosedur
Menggunakan pernyataan sebaliknya yang benar yang tidak membuat
akal dalam konteks saat ini disebut kesalahan semantik
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Untuk menggunakan program komputer, pertama kali harus dimuat ke
komputer memori
Memori penyimpanan internal dalam komputer
Juga disebut memori utama atau memori akses acak
(RAM)
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Proses Pemrograman
Pekerjaan programmer dapat dibagi tujuh
pengembangan langkah-langkah
1 Memahami masalah
2 Perencanaan logika
3 Coding program
4 Menggunakan perangkat lunak (compiler atau interpreter) untuk menerjemahkan
program ke dalam bahasa mesin
5 Pengujian program
6 Menempatkan program ke dalam produksi
7 Mempertahankan program
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Proses Pemrograman(Lanjutan)
Memahami
masalahnya
Menjaga Rencana
program logika
Pasang Tulis Program
ke dalam produksi kode
Uji Translate
program kode
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Masalah
Programmer komputer profesional menulis program untuk
memenuhi kebutuhan orang lain
Benar-benar memahami masalahnya mungkin salah satu yang paling
sulit aspek pemrograman
Pada pekerjaan apapun, gambaran apa kebutuhan pengguna mungkin
samar-samar, atau pengguna mungkin tidak benar-benar tahu apa yang
mereka ingin
Pengguna sering berubah pikiran setelah melihat sampel
keluaran
Seorang programmer yang baik sering konselor bagian, detektif bagian
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaPerencanaan Logika yang
Inti dari proses pemrograman terletak pada perencanaan
program logika
Selama tahap proses pemrograman,
programmer berencana langkah-langkah program, memutuskan
langkah apa yang harus mencakup dan cara memesannya
Dua alat perencanaan yang paling umum adalah diagram alur dan
pseudocode
Programmer harus mendefinisikan urutan peristiwa yang
akan menyebabkan output yang diinginkan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaPerencanaan Logika (lanjutan)
Perencanaan logika program ini meliputi:
Berpikir hati-hati tentang semua data yang mungkin menilai suatu
Program dapat mengalami
Bagaimana Anda ingin program untuk menangani masing-masing skenario
Proses berjalan melalui logika program dalam
kertas sebelum Anda benar-benar menulis program disebut
meja pengecekan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaCoding Program
Setelah programmer telah mengembangkan logika dari
program, hanya kemudian dapat dia kode program
Dalam salah satu dari lebih dari 400 bahasa pemrograman
Programmer memilih bahasa tertentu karena beberapa
bahasa memiliki built-in kemampuan yang membuat mereka lebih
efisien daripada yang lain dalam menangani beberapa jenis
operasi
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan Software untuk Terjemahkan Program ke dalamMesin Bahasa
Meskipun ada banyak bahasa pemrograman,
setiap komputer dibangun hanya tahu satu bahasa, yang
bahasa mesin
Bahasa mesin terdiri dari banyak 1s dan 0s
Sebuah program penerjemah (compiler atau interpreter) perubahan
Inggris-seperti tingkat tinggi bahasa pemrograman di
yang programmer menulis ke tingkat rendah
bahasa mesin bahwa komputer mengerti
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan Software untuk Terjemahkan Program ke dalamMesin Language (lanjutan)
Program komputer harus bebas dari kesalahan sintaks sebelum
Anda dapat menjalankannya
Biasanya, seorang programmer mengembangkan logika program,
menulis kode, dan kemudian mencoba untuk mengkompilasi atau menafsirkan
program menggunakan bahasa menafsirkan perangkat lunak
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaPengujian Program
Sebuah program yang bebas dari kesalahan sintaks belum tentu
bebas dari kesalahan logis
Memilih data uji adalah sesuatu seni itu sendiri, dan
harus dilakukan dengan hati-hati
Banyak perusahaan tidak tahu bahwa perangkat lunak mereka memiliki
masalah sampai suatu keadaan yang tidak biasa terjadi
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenempatkan Program ke dalam Produksi
Setelah program ini diuji secara memadai, siap untuk
organisasi menggunakan
Menempatkan program ke dalam produksi mungkin berarti hanya
menjalankan program sekali
Proses ini mungkin mengambil bulan jika program akan dijalankan
secara teratur
Konversi, set tindakan sebuah organisasi seluruh
harus beralih ke menggunakan program baru atau set
program, kadang-kadang dapat mengambil bulan atau tahun untuk
menyelesaikan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMempertahankan Program
Setelah program yang dimasukkan ke dalam produksi, pembuatan diperlukan
perubahan ini disebut pemeliharaan
Ketika program menjaga orang lain telah menulis,
programmer menghargai upaya yang asli
programmer dimasukkan ke dalam menulis kode yang jelas, menggunakan akal
pengidentifikasi untuk nilai-nilai, dan mendokumentasikan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMempertahankan Program (lanjutan)
Perubahan pada program yang ada mengulang pembangunan
siklus
Memahami perubahan
Rencana
Kode
Menterjemahkan
Uji
Dimasukkan ke dalam produksi
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Pseudocode adalah representasi Inggris-sepertilogika langkah yang diperlukan untuk memecahkan masalah
Contoh: Pseudocode untuk program penggandaan nomor
mulai
masukan originalNumber
menghitung dihitung A N UMB nswerasoroginal
keluaran calculatedAnswer
berhenti
Flowchart adalah representasi bergambar dari hal yang sama
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan Laporan Pseudocode dan FlowchartSimbol
Ketika membuat diagram alur, menggambar bentuk geometris
sekitar individu pernyataan dan menghubungkan mereka dengan
panah
Simbol umum:
input output
originalNumber calculatedAnswer
Input Output
menghitung calculatedAnswer
sebanyak originalNumber 2
Proses pengambilan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Menggunakan Laporan Pseudocode dan FlowchartSimbol (lanjutan)
Untuk menunjukkan urutan yang benar dari laporan, Anda
menggunakan panah, atau flowline, untuk menghubungkan langkah-langkah
Untuk menjadi lengkap, diagram alur harus mencakup dua lagi
elemen:
Terminal simbol, atau mulai / berhenti simbol, di setiap akhir
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Menggunakan Laporan Pseudocode dan FlowchartSimbol (lanjutan)
Gambar 1.5 Flowchart dan pseudocode dari program yang ganda
nomor
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaKeuntungan Pengulangan
Menulis program komputer nomor penggandaan bernilai
upaya hanya jika seseorang memiliki banyak nomor untuk ganda dalam
terbatas jumlah waktu
Gambar 1,6 pseudocode yang tidak efisien untuk program tersebut
10.000 nomor ganda
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaKeuntungan Pengulangan
Gambar 1-7 Diagram alir infi nomor penggandaan Program nite
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan dan Penamaan Variabel dan Konstanta
Variabel yang bernama memori lokasi, yang isinya
dapat bervariasi dari waktu ke waktu
Nama variabel juga disebut identifier
Bahasa yang berbeda memberi batas yang berbeda pada panjang
pengidentifikasi, meskipun secara umum, bahasa yang lebih baru memungkinkan
lagi nama
Setiap bahasa memiliki aturan sendiri untuk penamaan variabel
Ketika merancang logika, jangan khawatir dengan
Sintaks dari bahasa komputer tertentu
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenetapkan Nilai ke Variabel
Bahasa pemrograman yang paling memungkinkan kependekan
ekspresi untuk laporan tugas mirip dengan
berikut:
calculatedAnswer = originalNumber * 2
Tanda sama adalah operator penugasan
Apapun operasi dilakukan untuk hak
sama tanda menghasilkan nilai yang ditempatkan dalam memori
lokasi di sebelah kiri tanda sama
Sebuah konstan bernama mirip dengan variabel, kecuali ia dapat
diberi nilai hanya sekali
Sejumlah sihir adalah konstanta yang tidak disebutkan namanya yang
arti tidak segera jelas
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMelakukan Operasi Aritmatika
Sebagian besar bahasa pemrograman menggunakan standar berikut
operator aritmatika:
+ (Tanda plus) - Selain itu
- (Tanda minus) - pengurangan
* (Tanda bintang) - perkalian
/ (Slash) - divisi
Setiap operator berikut aturan diutamakan yang mendikte
urutan operasi dalam laporan yang sama
dilakukan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Tipe Data dan Variabel Mendeklarasikan
Komputer berurusan dengan dua tipe dasar data: teks dan
numerik
Nilai numerik yang spesifik sering disebut numerik
konstan (atau konstanta numerik literal atau
yang tidak disebutkan namanya numerik konstan) karena tidak
mengubah
Tipe data Variabel yang mendeskripsikan jenis nilai-nilai
variabel dapat memegang, jumlah memori nilai menempati,
dan jenis operasi yang dapat dilakukan dengan
data tersimpan di sana
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Jenis Data dan MendeklarasikanVariabel (lanjutan)
Sebuah variabel numerik adalah salah satu yang dapat memiliki matematika
operasi yang dilakukan di atasnya
Dapat menyimpan digit, dan biasanya dapat menyimpan titik desimal
dan tanda yang menunjukkan positif atau negatif
Sebuah variabel string adalah jenis terpisah dari variabel yang dapat
terus huruf alfabet dan karakter khusus lainnya
seperti tanda baca
Untuk mendeklarasikan variabel adalah untuk memberitahu komputer apa
jenis variabel yang diharapkan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Jenis Data dan MendeklarasikanVariabel (lanjutan)
Variabel selalu harus dideklarasikan sebelum pertama kali
mereka digunakan dalam program
Setelah sebuah variabel dideklarasikan, Anda dapat memberikan nilai untuk itu,
kirimkan ke output, atau melakukan operasi yang
diperbolehkan untuk tipe datanya
Menginisialisasi suatu variabel menetapkan nilai awal untuk itu
Contoh:
String judul = "Laporan Kerja"
num = 0 countOfEmployees
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMengakhiri Program dengan Menggunakan Nilai Sentinel
Tak terbatas loop: Mengulang aliran logika tak ada ujung
Sentinel nilai: nilai yang telah ditetapkan yang berarti "Berhenti
program! "
Pengujian nilai disebut juga membuat keputusan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMengakhiri Program dengan Menggunakan Nilai Sentinel(Lanjutan)
Gambar 1.8 Alur nomor penggandaan program dengan
sentinel nilai 0
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Mengakhiri Program dengan Menggunakan Nilai Sentinel(Lanjutan)
Banyak bahasa pemrograman menggunakan istilah eof (untuk "akhir
dari file ") untuk merujuk kepada penanda yang secara otomatis bertindak sebagai
penjaga
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Evolusi PemrogramanTeknik
Orang-orang telah menulis program komputer modern
sejak tahun 1940
Bahasa-bahasa pemrograman tertua yang dibutuhkan programmer
untuk bekerja dengan alamat memori dan menghafal
Kode canggung berhubungan dengan bahasa mesin
Bahasa pemrograman baru terlihat jauh lebih seperti
alam bahasa dan lebih mudah bagi programmer untuk menggunakan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaRingkasan
Hardware dan software adalah dua komponen utama dari
komputer manapun
Pekerjaan programmer dapat dibagi menjadi tujuh
pengembangan langkah-langkah
Pseudocode dan flowchart digunakan untuk merencanakan logika untuk
solusi
Variabel yang bernama memori lokasi, yang isinya
dapat bervariasi
Dua besar teknik yang digunakan untuk mengembangkan program:
Prosedural pemrograman
Pemrograman berorientasi obyek
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Hanya Cukup Pemrograman
Logika dan Desain
JOYCE Farrell
Semester II 2011/2012
Elins FMIPA UGM JIKE
Algoritme Dan Struktur Data 1
Yohanes Suyanto
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaTujuan
Setelah menyelesaikan bab ini Anda akan dapat:
Jelaskan komponen komputer dan operasi
Diskusikan langkah yang terlibat dalam proses pemrograman
Gunakan pernyataan pseudocode dan simbol flowchart
Gunakan nama dan variabel dan konstanta
Jelaskan tipe data dan mendeklarasikan variabel
Mengakhiri program dengan menggunakan nilai-nilai sentinel
Diskusikan evolusi teknik pemrograman
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi
Perangkat keras
Peralatan, atau perangkat, berhubungan dengan komputer
Perangkat lunak
Komputer instruksi: memberitahu perangkat keras apa yang harus dilakukan
Program: set instruksi yang ditulis oleh programmer
Masukan
Perangkat keras yang melakukan operasi input
Termasuk keyboard dan mouse
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Pengolahan
Pengolahan data item mungkin melibatkan mengorganisir mereka,
memeriksa mereka untuk akurasi, atau melakukan matematika
operasi pada mereka
Perangkat keras yang melakukan tugas-tugas ini adalah pusat
pengolahan unit, atau CPU
Keluaran
Mengirim informasi yang dihasilkan dari pengolahan ke
printer atau monitor sehingga orang dapat melihat, menafsirkan, dan menggunakan
hasil
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Instruksi komputer ditulis dalam komputer
bahasa pemrograman
Setiap bahasa pemrograman menggunakan software untuk
menerjemahkan pernyataan bahasa pemrograman tertentu
ke dalam komputer on / off bahasa sirkuit, atau mesin
bahasa
Bahasa mesin yang direpresentasikan sebagai serangkaian 0s dan 1s,
disebut juga bentuk biner
Perangkat lunak terjemahan bahasa disebut kompilator atau
penerjemah
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Ketika instruksi sebuah program yang dilakukan,
Program mengeksekusi
Sebuah program yang bebas dari kesalahan sintaks dapat dieksekusi,
tapi mungkin tidak menghasilkan hasil yang benar
Untuk program untuk bekerja, programmer harus memberikan
instruksi kepada komputer dalam urutan tertentu disebut
logika program komputer
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Kesalahan logika termasuk instruksi di luar urutan, hilang
instruksi dan petunjuk, bukan bagian dari prosedur
Menggunakan pernyataan sebaliknya yang benar yang tidak membuat
akal dalam konteks saat ini disebut kesalahan semantik
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Komponen Komputer danOperasi (lanjutan)
Untuk menggunakan program komputer, pertama kali harus dimuat ke
komputer memori
Memori penyimpanan internal dalam komputer
Juga disebut memori utama atau memori akses acak
(RAM)
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Proses Pemrograman
Pekerjaan programmer dapat dibagi tujuh
pengembangan langkah-langkah
1 Memahami masalah
2 Perencanaan logika
3 Coding program
4 Menggunakan perangkat lunak (compiler atau interpreter) untuk menerjemahkan
program ke dalam bahasa mesin
5 Pengujian program
6 Menempatkan program ke dalam produksi
7 Mempertahankan program
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Proses Pemrograman(Lanjutan)
Memahami
masalahnya
Menjaga Rencana
program logika
Pasang Tulis Program
ke dalam produksi kode
Uji Translate
program kode
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Masalah
Programmer komputer profesional menulis program untuk
memenuhi kebutuhan orang lain
Benar-benar memahami masalahnya mungkin salah satu yang paling
sulit aspek pemrograman
Pada pekerjaan apapun, gambaran apa kebutuhan pengguna mungkin
samar-samar, atau pengguna mungkin tidak benar-benar tahu apa yang
mereka ingin
Pengguna sering berubah pikiran setelah melihat sampel
keluaran
Seorang programmer yang baik sering konselor bagian, detektif bagian
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaPerencanaan Logika yang
Inti dari proses pemrograman terletak pada perencanaan
program logika
Selama tahap proses pemrograman,
programmer berencana langkah-langkah program, memutuskan
langkah apa yang harus mencakup dan cara memesannya
Dua alat perencanaan yang paling umum adalah diagram alur dan
pseudocode
Programmer harus mendefinisikan urutan peristiwa yang
akan menyebabkan output yang diinginkan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaPerencanaan Logika (lanjutan)
Perencanaan logika program ini meliputi:
Berpikir hati-hati tentang semua data yang mungkin menilai suatu
Program dapat mengalami
Bagaimana Anda ingin program untuk menangani masing-masing skenario
Proses berjalan melalui logika program dalam
kertas sebelum Anda benar-benar menulis program disebut
meja pengecekan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaCoding Program
Setelah programmer telah mengembangkan logika dari
program, hanya kemudian dapat dia kode program
Dalam salah satu dari lebih dari 400 bahasa pemrograman
Programmer memilih bahasa tertentu karena beberapa
bahasa memiliki built-in kemampuan yang membuat mereka lebih
efisien daripada yang lain dalam menangani beberapa jenis
operasi
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan Software untuk Terjemahkan Program ke dalamMesin Bahasa
Meskipun ada banyak bahasa pemrograman,
setiap komputer dibangun hanya tahu satu bahasa, yang
bahasa mesin
Bahasa mesin terdiri dari banyak 1s dan 0s
Sebuah program penerjemah (compiler atau interpreter) perubahan
Inggris-seperti tingkat tinggi bahasa pemrograman di
yang programmer menulis ke tingkat rendah
bahasa mesin bahwa komputer mengerti
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan Software untuk Terjemahkan Program ke dalamMesin Language (lanjutan)
Program komputer harus bebas dari kesalahan sintaks sebelum
Anda dapat menjalankannya
Biasanya, seorang programmer mengembangkan logika program,
menulis kode, dan kemudian mencoba untuk mengkompilasi atau menafsirkan
program menggunakan bahasa menafsirkan perangkat lunak
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaPengujian Program
Sebuah program yang bebas dari kesalahan sintaks belum tentu
bebas dari kesalahan logis
Memilih data uji adalah sesuatu seni itu sendiri, dan
harus dilakukan dengan hati-hati
Banyak perusahaan tidak tahu bahwa perangkat lunak mereka memiliki
masalah sampai suatu keadaan yang tidak biasa terjadi
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenempatkan Program ke dalam Produksi
Setelah program ini diuji secara memadai, siap untuk
organisasi menggunakan
Menempatkan program ke dalam produksi mungkin berarti hanya
menjalankan program sekali
Proses ini mungkin mengambil bulan jika program akan dijalankan
secara teratur
Konversi, set tindakan sebuah organisasi seluruh
harus beralih ke menggunakan program baru atau set
program, kadang-kadang dapat mengambil bulan atau tahun untuk
menyelesaikan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMempertahankan Program
Setelah program yang dimasukkan ke dalam produksi, pembuatan diperlukan
perubahan ini disebut pemeliharaan
Ketika program menjaga orang lain telah menulis,
programmer menghargai upaya yang asli
programmer dimasukkan ke dalam menulis kode yang jelas, menggunakan akal
pengidentifikasi untuk nilai-nilai, dan mendokumentasikan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMempertahankan Program (lanjutan)
Perubahan pada program yang ada mengulang pembangunan
siklus
Memahami perubahan
Rencana
Kode
Menterjemahkan
Uji
Dimasukkan ke dalam produksi
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Pseudocode adalah representasi Inggris-sepertilogika langkah yang diperlukan untuk memecahkan masalah
Contoh: Pseudocode untuk program penggandaan nomor
mulai
masukan originalNumber
menghitung dihitung A N UMB nswerasoroginal
keluaran calculatedAnswer
berhenti
Flowchart adalah representasi bergambar dari hal yang sama
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan Laporan Pseudocode dan FlowchartSimbol
Ketika membuat diagram alur, menggambar bentuk geometris
sekitar individu pernyataan dan menghubungkan mereka dengan
panah
Simbol umum:
input output
originalNumber calculatedAnswer
Input Output
menghitung calculatedAnswer
sebanyak originalNumber 2
Proses pengambilan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Menggunakan Laporan Pseudocode dan FlowchartSimbol (lanjutan)
Untuk menunjukkan urutan yang benar dari laporan, Anda
menggunakan panah, atau flowline, untuk menghubungkan langkah-langkah
Untuk menjadi lengkap, diagram alur harus mencakup dua lagi
elemen:
Terminal simbol, atau mulai / berhenti simbol, di setiap akhir
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Menggunakan Laporan Pseudocode dan FlowchartSimbol (lanjutan)
Gambar 1.5 Flowchart dan pseudocode dari program yang ganda
nomor
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaKeuntungan Pengulangan
Menulis program komputer nomor penggandaan bernilai
upaya hanya jika seseorang memiliki banyak nomor untuk ganda dalam
terbatas jumlah waktu
Gambar 1,6 pseudocode yang tidak efisien untuk program tersebut
10.000 nomor ganda
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaKeuntungan Pengulangan
Gambar 1-7 Diagram alir infi nomor penggandaan Program nite
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenggunakan dan Penamaan Variabel dan Konstanta
Variabel yang bernama memori lokasi, yang isinya
dapat bervariasi dari waktu ke waktu
Nama variabel juga disebut identifier
Bahasa yang berbeda memberi batas yang berbeda pada panjang
pengidentifikasi, meskipun secara umum, bahasa yang lebih baru memungkinkan
lagi nama
Setiap bahasa memiliki aturan sendiri untuk penamaan variabel
Ketika merancang logika, jangan khawatir dengan
Sintaks dari bahasa komputer tertentu
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMenetapkan Nilai ke Variabel
Bahasa pemrograman yang paling memungkinkan kependekan
ekspresi untuk laporan tugas mirip dengan
berikut:
calculatedAnswer = originalNumber * 2
Tanda sama adalah operator penugasan
Apapun operasi dilakukan untuk hak
sama tanda menghasilkan nilai yang ditempatkan dalam memori
lokasi di sebelah kiri tanda sama
Sebuah konstan bernama mirip dengan variabel, kecuali ia dapat
diberi nilai hanya sekali
Sejumlah sihir adalah konstanta yang tidak disebutkan namanya yang
arti tidak segera jelas
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMelakukan Operasi Aritmatika
Sebagian besar bahasa pemrograman menggunakan standar berikut
operator aritmatika:
+ (Tanda plus) - Selain itu
- (Tanda minus) - pengurangan
* (Tanda bintang) - perkalian
/ (Slash) - divisi
Setiap operator berikut aturan diutamakan yang mendikte
urutan operasi dalam laporan yang sama
dilakukan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMemahami Tipe Data dan Variabel Mendeklarasikan
Komputer berurusan dengan dua tipe dasar data: teks dan
numerik
Nilai numerik yang spesifik sering disebut numerik
konstan (atau konstanta numerik literal atau
yang tidak disebutkan namanya numerik konstan) karena tidak
mengubah
Tipe data Variabel yang mendeskripsikan jenis nilai-nilai
variabel dapat memegang, jumlah memori nilai menempati,
dan jenis operasi yang dapat dilakukan dengan
data tersimpan di sana
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Jenis Data dan MendeklarasikanVariabel (lanjutan)
Sebuah variabel numerik adalah salah satu yang dapat memiliki matematika
operasi yang dilakukan di atasnya
Dapat menyimpan digit, dan biasanya dapat menyimpan titik desimal
dan tanda yang menunjukkan positif atau negatif
Sebuah variabel string adalah jenis terpisah dari variabel yang dapat
terus huruf alfabet dan karakter khusus lainnya
seperti tanda baca
Untuk mendeklarasikan variabel adalah untuk memberitahu komputer apa
jenis variabel yang diharapkan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Jenis Data dan MendeklarasikanVariabel (lanjutan)
Variabel selalu harus dideklarasikan sebelum pertama kali
mereka digunakan dalam program
Setelah sebuah variabel dideklarasikan, Anda dapat memberikan nilai untuk itu,
kirimkan ke output, atau melakukan operasi yang
diperbolehkan untuk tipe datanya
Menginisialisasi suatu variabel menetapkan nilai awal untuk itu
Contoh:
String judul = "Laporan Kerja"
num = 0 countOfEmployees
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMengakhiri Program dengan Menggunakan Nilai Sentinel
Tak terbatas loop: Mengulang aliran logika tak ada ujung
Sentinel nilai: nilai yang telah ditetapkan yang berarti "Berhenti
program! "
Pengujian nilai disebut juga membuat keputusan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaMengakhiri Program dengan Menggunakan Nilai Sentinel(Lanjutan)
Gambar 1.8 Alur nomor penggandaan program dengan
sentinel nilai 0
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Mengakhiri Program dengan Menggunakan Nilai Sentinel(Lanjutan)
Banyak bahasa pemrograman menggunakan istilah eof (untuk "akhir
dari file ") untuk merujuk kepada penanda yang secara otomatis bertindak sebagai
penjaga
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan Logika
Memahami Evolusi PemrogramanTeknik
Orang-orang telah menulis program komputer modern
sejak tahun 1940
Bahasa-bahasa pemrograman tertua yang dibutuhkan programmer
untuk bekerja dengan alamat memori dan menghafal
Kode canggung berhubungan dengan bahasa mesin
Bahasa pemrograman baru terlihat jauh lebih seperti
alam bahasa dan lebih mudah bagi programmer untuk menggunakan
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Gambaran Umum Komputer dan LogikaRingkasan
Hardware dan software adalah dua komponen utama dari
komputer manapun
Pekerjaan programmer dapat dibagi menjadi tujuh
pengembangan langkah-langkah
Pseudocode dan flowchart digunakan untuk merencanakan logika untuk
solusi
Variabel yang bernama memori lokasi, yang isinya
dapat bervariasi
Dua besar teknik yang digunakan untuk mengembangkan program:
Prosedural pemrograman
Pemrograman berorientasi obyek
Hanya Cukup. . . Algoritme Dan Struktur data saya
Post a Comment